Jumat, 30 November 2012

Mekanisme Transport Membran Sel



Saatnya membahasa Biologi,kali ini kita masuk kepada submateri bab I yakni "mekanisme transport pada membran plasma"yang merupakan bagian dari materi SEL yang dipelajari di semester 1 kelas XI.

Baiklah,untuk part1 kita akan membahas PASSIVE TRANSPORT atau TRANSPORTASI PASIF.
  • Apa itu transportasi Pasif? 
          Trasnportasi pasif adalah didalam melakukan pergerakan kita tidak memerlukan energi.
  • Terdiri dari :
  1. Difusi : Perpindahan zat berkonsentrasi tinggi ke kensentrasi rendah.Contoh : Ketika kita kentut,gas kentut memiliki konsentrasi yang lebih tinggi daripada udara. Contoh lain,ketika kita mencelupkan teh 1x saja kedalam air maka secara spontan teh akan menyebar di dalam air. Contoh berikutnya,ketika kita semprotkan parfum,maka parfum akan menyebar ke seluruh ruangan. Contoh lainnya, pada saat kita melakukan proses menghirup udara,terjadi proses pertukaran gas antar sel melalu proses difusi.
  2. Osmosis : Difusi air/zat pelarut dari  hipotonis (konsentrasi rendah) ke hipertonis (konsentrasi tinggi) melewati membran semipermeable. Contoh : Pepaya yang kita masukkan kedalam air gula,maka air gula lah yang diserap oleh pepaya,sehingga pepaya itu nantinya menggembung,dan jika sudah terlalu menggembung,sel-sel dalam pepaya akan pecah,pepaya akan mengkerut/mengalami krenasi. Contoh lain,peristiwa hemolisis(penghancuran sel darah merah) pada sel darah merah,Contoh berikutnya adalah pada peristuwa cairan infus yang diberikan kepada pasien melalui pembuluh daerah,contoh lainnya adalah,ikan air tawar yang ditempatkan di air laut akan mengalami penyusutan,contoh selanjutnya adalah Kentang yang dimasukkan kedalan air garam akan megalami penyusutan,contoh lain adalah penyerapan air pada bulu-bulu akar dan penyerapan air oleh benih,kemudian contoh lainnya adalah ketika kita merendam wortel dalam larutan garam sebesar 10% menyebabkan sel-sel wortel kehilangan rigiditasnya(kekakuannya)
  • Ciri-ciri transpor pasif:
  1. Berlangsung secara spontan
  2. Tidak memerlukan energi sel
  3. berlangsung dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah dan sebaliknya
  4. dapat brlangsung pada sel mati.
  • Peristiwa Osmosis pada tumbuhan :
  1. jika membran sel yang pecah = Plasmolisis
  2. Jika selnya yang pecah = lisis
  3. jika selnya mengkerut (pada tumbuhan) = krenasi
SELESAI

0 komentar: