Perhatikan contoh wawancara berikut sebagai materi untuk soal nomor 1 dan 2.
--Pewawancara : Kelly, bagaimana cara kamu mengatur jadwal sehari-hari?
--Kelly : Saya dibantu oleh ibu, yang jelas saya selalu mengutamakan sekolah.
--Pewawancara : Sebagai atlet basket putri apa kamu juga masih peduli pada penampilan?
--Kelly : Hahaha…ya tentu. Saya juga kan perempuan. Lagipula di masa remaja seperti ini kita harus rajin menjaga kecantikan dan kesehatan kulit. Apalagi saya sering latihan di lapangan terbuka. Jika tidak dijaga, kulit saya akan kusam. Bisa-bisa nggak ada yang naksir.
--Pewawancara : Lalu, prestasi Kelly yang paling membanggakan?
--Kelly : hmm, saya waktu kelas IX pernah menjuarai pertandingan basket antarsekolah se-Kota Padang. Kemudian, di kelas X ini saya jadi finalis model majalah remaja.
--Pewawancara : Wah, kamu ini remaja serba bisa, ya?
--Kelly : Ah, bukan begitu. Saya hanya ingin belajar sambil mengukir prestasi. Saya ingin jadi anak berprestasi.
Informasi yang didapat dari hasil wawancara tersebut adalah…
a. Kelly, gadis pesolek yang senang merawat kecantikan.
b. Kelly, anak jalanan yang berhasil menembus dunia rekaman.
c. Kelly, siswa kelas IX juara pertandingan basket se-Jawa Barat.
d. Kelly, pemain teater dengan segudang prestasi
e. Kelly, siswa kelas X, berprestasi di bidang olahraga basket dan modeling.
2. Kalimat penutup paling tepat yang disampaikan oleh pewawancara dalam wawancara diatas adalah…
a. Luar biasa kamu,Kelly. Lalu, ada pesan yang akan kamu sampaikan pada teman-teman di rumah?
b. Ya sudah, saya pulang dulu.
c. Baiklah, kamu memang jago macam-macam. Selamat ya.
d. Bagaimana kelanjutan wawancara ini? Apa harus diakhiri saja?
e. Baiklah, Kelly. Saya permisi dulu.
a. Luar biasa kamu,Kelly. Lalu, ada pesan yang akan kamu sampaikan pada teman-teman di rumah?
b. Ya sudah, saya pulang dulu.
c. Baiklah, kamu memang jago macam-macam. Selamat ya.
d. Bagaimana kelanjutan wawancara ini? Apa harus diakhiri saja?
e. Baiklah, Kelly. Saya permisi dulu.
3. Simaklah kutipan percakapan wawancara antara wartawan dan Taufik Ismail berikut ini.
--Wartawan : Anda sangat berkonsentrasi dalam memajukan sastra. Apa yang memotivasi?
--Taufik Ismail : Ya, tentu saja Karena sastra mempunyai peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Sastra sangat berperan dalam pembentukan pribadi seseorang. Dengan membaca sastra, aspek kognitif dan afektif dari manusia dapat berkembang dengan baik. Untuk mencapai itu, mestinya sastra sudah diperkenalkan kepada anak-anak sejak kecil. Entah itu disampaikan dalam bentuk hikayat, dongeng-dongeng, maupun bentuk cerita lainnya.
Pernyataan yang selaras dengan jawaban narasumber diatas adalah…
a. Sastra dapat berperan penting dalam kehidupan manusia.
b. Sastra kurang berperan dalam pembentukan pribadi seseorang.
c. Sastra mestinya sudah diperkenalkan kepada anak-anak sejak kecil.
d. Pengenalan sastra kepada anak bisa dalam bentuk mitos, dongeng-dongen dan cerita lainnya.
e. Aspek kognitif , afektif dan psikomotorik manusia dapat berkembang dengan membaca sastra.
--Wartawan : Anda sangat berkonsentrasi dalam memajukan sastra. Apa yang memotivasi?
--Taufik Ismail : Ya, tentu saja Karena sastra mempunyai peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Sastra sangat berperan dalam pembentukan pribadi seseorang. Dengan membaca sastra, aspek kognitif dan afektif dari manusia dapat berkembang dengan baik. Untuk mencapai itu, mestinya sastra sudah diperkenalkan kepada anak-anak sejak kecil. Entah itu disampaikan dalam bentuk hikayat, dongeng-dongeng, maupun bentuk cerita lainnya.
Pernyataan yang selaras dengan jawaban narasumber diatas adalah…
a. Sastra dapat berperan penting dalam kehidupan manusia.
b. Sastra kurang berperan dalam pembentukan pribadi seseorang.
c. Sastra mestinya sudah diperkenalkan kepada anak-anak sejak kecil.
d. Pengenalan sastra kepada anak bisa dalam bentuk mitos, dongeng-dongen dan cerita lainnya.
e. Aspek kognitif , afektif dan psikomotorik manusia dapat berkembang dengan membaca sastra.
4. —Pewawancara : Anda selalu menyebut tahun 2020, Indonesia meraih nobel. Mengapa begitu antusias?
--narasumber : Karena dengan Nobel, Indonesia dapat lebih maju. Coba lihat Pakistan. Negara itu miskin. Sekarang, orang bilang sains di Pakistan itu bagus karena ada Abdus Salam yang dapat Nobel. Jadi, Nobel semacam symbol yang akan menarik perhatian orang.
--Pewawancara : Orang Pakistan sekarang tertarik pada fisika karena Abdus Salam?
--Narasumber : Betul, ada hubungannya. Karena dengan itu, Abdus Salam dapat menarik fisikawan Pakistan yang dia bimbing untuk bekerja dengan koleganya sesama pemenang Nobel.
Rangkuman hasil pembicaraan dalam wawancara di atas adalah…
a. Daya tarik Nobel untuk mencapai kemajuan.
b. Kemajuan Pakistan dan Nobel.
c. Abdus Salam sang peraih Nobel yang membuat Pakistan maju.
d. Abdus Salam menarik fisikawan Pakistan.
e. Pemenang Nobel dapat membimbing orang lain untuk meraih Nobel berikutnya.
--narasumber : Karena dengan Nobel, Indonesia dapat lebih maju. Coba lihat Pakistan. Negara itu miskin. Sekarang, orang bilang sains di Pakistan itu bagus karena ada Abdus Salam yang dapat Nobel. Jadi, Nobel semacam symbol yang akan menarik perhatian orang.
--Pewawancara : Orang Pakistan sekarang tertarik pada fisika karena Abdus Salam?
--Narasumber : Betul, ada hubungannya. Karena dengan itu, Abdus Salam dapat menarik fisikawan Pakistan yang dia bimbing untuk bekerja dengan koleganya sesama pemenang Nobel.
Rangkuman hasil pembicaraan dalam wawancara di atas adalah…
a. Daya tarik Nobel untuk mencapai kemajuan.
b. Kemajuan Pakistan dan Nobel.
c. Abdus Salam sang peraih Nobel yang membuat Pakistan maju.
d. Abdus Salam menarik fisikawan Pakistan.
e. Pemenang Nobel dapat membimbing orang lain untuk meraih Nobel berikutnya.
5. --pewawancara : Dari masa jabatan Anda yang empat tahun, apa yang ingin Anda capai dalam jangka pendek?
--Narasumber : Pada tahap awal, kami ingin mencocokkan keinginan dan ketersediaan. Dalam cetak biru yang dikeluarkan Bappenas, sudah tertera sejumlah keinginan, baik yang diserap dari bawah maupun yang diberikan dari atas. Keinginan ini harus dicocokkan dengan masyarakat. Jika tidak sesuai, kita sesuaikan lagi, termasuk penyesuaian tenaga dan waktu yang tersedia. Semua orang ingin cepat selesai. LSM luar negri dan donatur asing juga ingin segera membuktikan kepada konstituennya bahwa mereka cepat bekerja.
Isi pokok pembicaraan di atas adalah…
a. Masalah pemilihan kepala daerah.
b. Masalah bantuan tenaga asing.
c. Masalah masa jabatan kepala daerah.
d. Usaha menyelaraskan keinginan masyarakat dengan ketersediaan.
e. Masalah konstituen atau pemilih.
--Narasumber : Pada tahap awal, kami ingin mencocokkan keinginan dan ketersediaan. Dalam cetak biru yang dikeluarkan Bappenas, sudah tertera sejumlah keinginan, baik yang diserap dari bawah maupun yang diberikan dari atas. Keinginan ini harus dicocokkan dengan masyarakat. Jika tidak sesuai, kita sesuaikan lagi, termasuk penyesuaian tenaga dan waktu yang tersedia. Semua orang ingin cepat selesai. LSM luar negri dan donatur asing juga ingin segera membuktikan kepada konstituennya bahwa mereka cepat bekerja.
Isi pokok pembicaraan di atas adalah…
a. Masalah pemilihan kepala daerah.
b. Masalah bantuan tenaga asing.
c. Masalah masa jabatan kepala daerah.
d. Usaha menyelaraskan keinginan masyarakat dengan ketersediaan.
e. Masalah konstituen atau pemilih.
6. --Pewawancara : "Menurut Ibu tantangan apa yang dihadapi Indonesia dalam rangka pengembangan sumber daya manusia?"
---Narasumber : "Adanya kenaikan angkatan kerja yang disebabkan oleh peledakan jumlah penduduk yang sangat cepat.
Pewawancara bertujuan untuk mengetahui...
a. tantangan Indonesia dalam pengembangan SDM
b. sikap pemerintah Indonesia dalam mengembangkan SDM
c. kondisi SDM di Indonesia pada masa yang akan datang
d. prospek pengembangan SDM Indonesia oleh pemerintah
e. kendala-kendala yang dihadapai
---Narasumber : "Adanya kenaikan angkatan kerja yang disebabkan oleh peledakan jumlah penduduk yang sangat cepat.
Pewawancara bertujuan untuk mengetahui...
a. tantangan Indonesia dalam pengembangan SDM
b. sikap pemerintah Indonesia dalam mengembangkan SDM
c. kondisi SDM di Indonesia pada masa yang akan datang
d. prospek pengembangan SDM Indonesia oleh pemerintah
e. kendala-kendala yang dihadapai
7. Yang dilaporkan dari hasil kegiatan wawancara diatas meliputi hal-hal berikut, kecuali...
a. topik wawancara
b. tujuan wawancara
c. tempat dan waktu pelaksanaan
d. respon kepala desa
e. kendala-kendala yang dihadapi pengembangan SDM
a. topik wawancara
b. tujuan wawancara
c. tempat dan waktu pelaksanaan
d. respon kepala desa
e. kendala-kendala yang dihadapi pengembangan SDM
8. Narasumber :"Setiap warga pedesaan dapat menjadi anggota KUD terdiri atas berbagai golongan dan lapisan, seperti petani, pedagang, peternak, dan pengrajin. Untuk menjadi anggota KUD, orang harus memenuhi kriteria yang telah ditentukan oleh anggaran dasar(AD) dan perundangan koperasi.”
uraian di atas merupakan uraian dari pertanyaan ......
a. Kapan keanggotakan KUD mulai dibuka?
b. bagaimana proses menjadi anggota koperasi?
c. mengapa warga desa harus menjadi anggota KUD?
d. siapa saja yang dapat menjadi anggota KUD?
e. berapa lama seseorang dapat menjadi anggota KUD?
uraian di atas merupakan uraian dari pertanyaan ......
a. Kapan keanggotakan KUD mulai dibuka?
b. bagaimana proses menjadi anggota koperasi?
c. mengapa warga desa harus menjadi anggota KUD?
d. siapa saja yang dapat menjadi anggota KUD?
e. berapa lama seseorang dapat menjadi anggota KUD?
9. Pendapat narasumber pada soal nomor 8 berkenaan dengan...
a. hak warga pedesaan
b. keanggotaan dalam KUD
c. hak-hak seorang anggota dalam KUD
d. anggaran dasar dalam perundnagn koperasi
e. kriteria menjadi anggota koperasi di dalam undang-undang
a. hak warga pedesaan
b. keanggotaan dalam KUD
c. hak-hak seorang anggota dalam KUD
d. anggaran dasar dalam perundnagn koperasi
e. kriteria menjadi anggota koperasi di dalam undang-undang
10. Ragam bahasa sebuah laporan hasil wawancara tampak pada kalimat.............
a. Bila sekirannya dalam laporan ini ada sesuatu yang tidak lengkap, saya dengan hormat untuk mengoreksinya.
b. seandainya gejala tersebut tidak terjadi, maka dimungkinkan mesin itu tidak akan bertahan lama.
c. survey yang dilakukannya telah memenuhi standar yang ditetapkan.
d. melalui wawancara dengan pemilik kios, YPKKI menjaring produk yang digemari konsumen.
e.dari wawancara dengan pemilik toko, diperoleh kesepakatan bahwa masyarakat gemar pada obat-obat tradisional.
a. Bila sekirannya dalam laporan ini ada sesuatu yang tidak lengkap, saya dengan hormat untuk mengoreksinya.
b. seandainya gejala tersebut tidak terjadi, maka dimungkinkan mesin itu tidak akan bertahan lama.
c. survey yang dilakukannya telah memenuhi standar yang ditetapkan.
d. melalui wawancara dengan pemilik kios, YPKKI menjaring produk yang digemari konsumen.
e.dari wawancara dengan pemilik toko, diperoleh kesepakatan bahwa masyarakat gemar pada obat-obat tradisional.
11. --Pewawancara : Adakah teknik belajar yang bisa diwariskan atau ditanamkan pada pelajar?
--Narasumber : (1)motivasilah yang harus pertama kali ditanamkan dalam diri kita. (2) Jadi harus ada motivasi.(3) motivasi saya sederhana saja, saya ingin membuktikan, perempuan itu punya potensi, antara lain potensi untuk meraih prestasi, yang tidak bisa dipandang sebelah mata.(4) selain itu, saya sebagai orang sunda juga ingin membuktikan manusia sunda itu bukan manusia peuyeum.
Masalah yang dikemukakan narasumber dalam cuplikan di atas adalah...
a. motivasi itu haruslah sederhana
b. manusia haru mempunyai motivasi
c. perempuan itu harus punya potensi untuk berprestasi
d. potensi perempuan hanya di bidang pembuatan tape
e. orang sunda harus menjadi manusia yang punya potensi
--Narasumber : (1)motivasilah yang harus pertama kali ditanamkan dalam diri kita. (2) Jadi harus ada motivasi.(3) motivasi saya sederhana saja, saya ingin membuktikan, perempuan itu punya potensi, antara lain potensi untuk meraih prestasi, yang tidak bisa dipandang sebelah mata.(4) selain itu, saya sebagai orang sunda juga ingin membuktikan manusia sunda itu bukan manusia peuyeum.
Masalah yang dikemukakan narasumber dalam cuplikan di atas adalah...
a. motivasi itu haruslah sederhana
b. manusia haru mempunyai motivasi
c. perempuan itu harus punya potensi untuk berprestasi
d. potensi perempuan hanya di bidang pembuatan tape
e. orang sunda harus menjadi manusia yang punya potensi
12. Penyataan narasumber dalam soal no.11 yang berhubungan langsung dengan pertanyaan pewawancara dinyatakan dengan nomor...........
a. 1
b. 2
c. 3
d.4
a. 1
b. 2
c. 3
d.4
13. Pewawancara
"Apakah Indonesia dalam posisi lemah menghadapi perlawanan terhadap teroris internasional, seperti yang dituduhkan oleh Amerika dan juga negara-negara Asia Lainnya?”
yang diinginkan pewawancara berupa informasi yang berkaitan dengan.....
a. pendapat
b.perasaan
c.perlawanan terhadap teoris
d. posisi Indonesia dalam melawan teroris
e. Pengalaman
"Apakah Indonesia dalam posisi lemah menghadapi perlawanan terhadap teroris internasional, seperti yang dituduhkan oleh Amerika dan juga negara-negara Asia Lainnya?”
yang diinginkan pewawancara berupa informasi yang berkaitan dengan.....
a. pendapat
b.perasaan
c.perlawanan terhadap teoris
d. posisi Indonesia dalam melawan teroris
e. Pengalaman
14. Pewawancara dalam soal nomor 13 menanyakan masalah......
a. teroris internasional
b.tuduhan Amerika
c. perlawanan terhadap teroris
d. posisi Indonesia dalam melawan teroris
e. peranan Amerika sebagai terorisme Internasional
a. teroris internasional
b.tuduhan Amerika
c. perlawanan terhadap teroris
d. posisi Indonesia dalam melawan teroris
e. peranan Amerika sebagai terorisme Internasional
15. Berikut contoh pertanyaan untuk memperoleh informasi berkaitan dengan harapan.....
a. mengapa hanya siswa kelas dua yang dilibatkan?
b. apa keinginan ibu dari pelaksanaan kegiatan ini?
c.berapa kali kegiatan seperti ini dilaksanakan selama ibu ingin memimpin sekolah ini?
d. apakah ada peristiwa menarik yang terjadi selama kegiatan berlangsung?
e. bagaimana sikap ibu apabila ada siswa yang menolak penyelenggaraan kegiatan ini?
a. mengapa hanya siswa kelas dua yang dilibatkan?
b. apa keinginan ibu dari pelaksanaan kegiatan ini?
c.berapa kali kegiatan seperti ini dilaksanakan selama ibu ingin memimpin sekolah ini?
d. apakah ada peristiwa menarik yang terjadi selama kegiatan berlangsung?
e. bagaimana sikap ibu apabila ada siswa yang menolak penyelenggaraan kegiatan ini?
0 komentar:
Posting Komentar